Belajar Sound System

cx1200

Cara Memilih Amplifier Bagus untuk Sound System dengan daya yang optimal

Dalam memilih daya pada amplifier untuk belajar sound system yang sesuai dengan kebutuhan speaker yang dipakai sangatlah penting. Hal ini berkaitan dengan mutu dan harga yang sesuai dengan kebutuhan. Sebagai contoh, jika kita akan memakai speaker dengan daya total 150 watt maka kita harus memilih amplifier 150 Watt. Tetapi apakah harus selalu baku seperti ilustrasi saya tadi?

Ternyata setelah beberapa kali membuat amplifier yang dipasangkan dengan berbagai jenis speaker sesuai dengan spec yg ada , banyak hal yang harus dipertimbangkan.

Maka dari itu sebelum kita membicarakan mengenai pemilihan amplifier yang sesuai saya ingin mengulas dahulu mengenai hukum dasar energy bunyi. Rumus mengenai energy bunyi adalah

E = 20.m.f2.A2 dimana

f = frekuensi

A = ampitudo (sumber: wikipedia)

Terlihat dengan jelas dari rumus tadi bahwa jika kita menginginkan amplitudo yang sama pada frekuensi yang berbeda maka energy yang dibutuhkan berbeda secara kuadratik.

Contoh : Treble dengan frekuensi 15000 Hz dan bass dengan frekuensi 100 Hz akan memerlukan energy 22500 kali energy dengan amplitudo bunyi yg sama.

Contoh tadi merupakan cerminan ekstrim perhitungan daya pada pemilihan amplifier. Tetapi pada dasarnya saat kita memilih amplifier untuk kegunaan nada bass atau frekuensi rendah haruslah lebih besar daripada memilih amplifier untuk kegunaan treble ataupun nada vokal.

Dari sisi taraf intensitas atau yg sering disingkat TI atau di kalangan penyuka audio popular dengan sebutan satuan nya dB saya akan memberikan ilustrasi seperti contoh berikut :

Suasana perpustakaan 30 dB
Percakapan normal 60 dB
Truk sampah lewat dekat kita 100 dB
Guntur atau geledek kilat 130 dB
Ilustrasi tersebut menggambarkan seberapa besar amplifier yang akan dipilih berdasarkan kebutuhan pemakaian. Lalu bagaimana mengkaitkan antara dB dengan daya amplifier, karena di pasaran lebih popular dengan berapa watt amplifer yang akan dipakai atau dibeli.

Dari pengalaman merakit amplifier berikut desain box speaker dan jenisnya saya mempunyai kesimpulan bahwa untuk ruangan ukuran 5 x 5 m untuk bass cukup menggunakan subwoofer atau woofer dengan daya max 150 watt untuk mendapatkan TI sd 100 dB. Oleh karena itu maka amplifier yang digunakan cukup 150 watt saja daya nya.

Sedangkan untuk pemakaian speaker mid dan tweet yang berdaya 150 watt , maka hanya diperlukan daya 100 watt saja untuk mengimbangi kekuatan bass yg tadi saya sebutkan di atas.

Namun demikian perlu dicermati sewaktu memilih ampli berikut speaker yg akan dipakai , karena di pasaran banyak sekali yg menampilkan data fiktif , dengan satuan yg nggak baku . Secara keseluruhan memang banyak sekali parameter diluar dasar perhitungan saya di atas yg memang perlu di pertimbangkan krn factor eksternal informasi nggak jelas yg ada di pasaran.

Kualitas sound system, bukan sekedar mahal tapi penataan peralatan yang sesuai dengan kebutuhan dan setting peralatan dengan pemahaman operator yang mengerti yang dapat menjadikan sound system berkualitas.

Kami senantiasa membuka bagi pembaca yang ingin berkonsultasi, silahkan hubungi via Telpon/SMS/Whatsapp di no +62 811 944 605, atau via email ke ermanliu@soundlab.co.id. Usahakan email agar lebih nyaman atau kunjungi website kami di sini.
Untuk kebutuhan konsultasi dan pengadaan barang, silahkan hubungi kami di +62 811 944 605 (Erman Liu)

 
Terima kasih

2 thoughts on “Belajar Sound System”

  1. Yuli Firdaus says:

    Kalau karaoke yang 4,1 jt td utk ukuran ruangan 2 x 4 m apakah cukup memadai, kalau ditambah subwoofer jd berapa harganya mksh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *